Friday, September 4, 2009

YOU CAN READ ANYONE by David J. Lieberman


“never be fooled, lied to, or taken advantage of again”
Publisher: Viter Press
Halaman: 183 (Inggris)
Belum tersedia dalam Bahasa Indonesia

Saya senang film seri “Criminal Minds” dimana agen2 FBI mengejar serial killer dengan menggunakan ilmu “profiler” yang tinggi. Kalo saya baca buku ini, saya bayangkan bahwa ilmu2 yang mereka pelajari itulah yang menjadi dasar dari ilmu dibuku ini. Walaupun pengarangnya berusaha untuk membuat bahannya mudah diterima oleh kebanyakan pembaca, tetapi sifat teknis sangat terasa sehingga cenderung terasa seperti membaca textbook psychology.
Buku ini cocok bagi mereka yang berperan sebagai interogator, kalo gitu saya cocok, karena saya seorang bapak dan sering terpaksa “menginterogasi” anak saya sendiri.
Pelajaran yang saya paling dapat dari buku ini adalah kemampuan membaca orang, yang memang sudah menjadi ilmu kita di bisnis ini. Ternyata selain patokan sifat/kepribadian yang kita kenal seperti choleric, melancholy, flegmatic dan sanguine dalam rangka memprediksi tingkah laku seseorang, ada patokan yang jauh lebih jitu. Itu yang dibahas buku ini cukup mendalam, sehingga juga sangat berguna bagi kita2 di bisnis ini.
Ibu Catherine pernah mengatakan, kalo kondisi memaksa kita, semua bisa memiliki ke-4 sifat/kepribadian diatas. Tetapi menurut buku ini “citra diri”lah jauh lebih tepat memprediksi tingkah laku manusia. (pelajaran Psychology 101,…. kali!)
Ternyata teknik2 di buku ini benar2 digunakan sehari2 oleh instansi2 seperti FBI, Scotland Yard, dst. Dan, pengarang sering mengajar di instansi2 tersebut dan masih banyak organisasi2 yang lain.(CM)

No comments:

Post a Comment