Thursday, September 3, 2009

THE LAST LECTURE oleh Randy Pausch and Jeffrey Zaslow


Penerbit: Hodder & Stoughton
Halaman: 206 (Inggris)
Tersedia dalam Bahasa Indonesia

Buku ini adalah jenis buku yang menceritakan pengalaman hidup seseorang, dan dibagi dalam bab2 dengan 1 pelajaran per bab. Dalam buku ini pengarangnya adalah seorang Profesor dari Universitas Carnegie Mellon. Dia meninggal di umur 47 karena kanker pankreas, meninggalkan seorang istri dan 3 anak yang masih kecil2. Judul buku ini sesuai dengan keadaan sebenarnya karena itu adalah kuliahnya yang terakhir. (Kuliahnya direkam dan videonya dapat dilihat di www.thelastlecture.com)
Tentu bukunya jauh lebih lengkap dari videonya, dan terbagi 61 bab/pelajaran. Beliau mengatakan bahwa video dan bukunya menjadi pelajaran yang dia akan berikan kepada anak2nya, seandainya dia masih hidup.
Berbeda dengan buku "too soon old, to late smart" (Gordon Livingston MD), pengarangnya lebih banyak cerita tentang masa kecilnya, bagaimana dia dibesarkan dan yang penting, bagaimana dia dapat mencapai impian2 masa kecilnya. Misalnya, dia fans berat Star Trek (saya juga!) dan cita2nya adalah ketemu dengan Captain James Kirk (William Shatner) dan karena posisinya dia berhasil bertemu dengan bintang film idamannya. Judul dari kuliahnya yang terakhir ini adalah "Mencapai impian masa kecil".
Dan masih banyak pelajaran berharga tentang hidup pada umumnya, tetapi yang terpenting. Yang saya pelajari dari buku ini adalah "Go for your dreams and never give up"! (Raihlah impian anda dan jangan menyerah)

"We cannot change the cards we are dealt, just how we play the hand" - Randy Pausch
(kita tidak bisa merubah kartu2 yang diberikan, tapi kita bisa merubah cara memainkannya) (CM)

No comments:

Post a Comment