Tuesday, September 8, 2009

ONE MINUTE FOR YOUSELF oleh Spencer Johnson, MD


“Strategi Sederhana untuk Kehidupan yang Lebih Baik"
Tersedia dalam Bahasa Indonesia

Bersikap lebih peduli pada diri sendiri bisa membantu Anda dan orang lain. Buku ini mengingatkan kita untuk meluangkan waktu satu menit untuk berhenti, memerhatikan, dan melihat bagaimana kita lebih peduli pada diri sendiri dan juga -sesering- kita peduli pada orang lain.
Menurut penulisnya peduli terhadap bisnis termasuk juga peduli terhadap diri sendiri. Meluangkan satu menit dari waktu yang kita miliki dalam sehari untuk berhenti dan memerhatikan apa yang kita lakukan adalah seperti berkendara melintasi kota dan berhenti pada tanda-tanda lalu lintas untuk berhenti. Tanda berhenti membantu kita sampai dengan selamat ke tempat yang ingin kita tuju. Jadi, berhenti dan memerhatikan juga bisa mencegah kita dari menabrak sesuatu.
Berhenti sesaat menolong kita untuk melihat dan menyadari bahwa kita punya pilihan untuk meneruskan, berubah arah, atau melakukan apa yang kita sudah tahu merupakan hal yang terbaik bagi kita. Kita selalu perlu waktu '1 menit' untuk memikirkan kembali apa-apa yang akan kita putuskan bagi diri sendiri sebelum itu berdampak pada orang lain. Dengan kata lain, kita belajar untuk selalu waspada (alert) karena selalu mengambil waktu untuk memikirkan sebelum bertindak, belajar untuk menyeimbangkan kehidupan dengan memberi dan menerima dari dirinya sendiri.

Buku ini ditulis dalam bentuk cerita, yang lebih mudah menolong pembaca untuk mengerti maksud dan tujuannya. (CB)

No comments:

Post a Comment