Saturday, December 18, 2010

The Leader Who Had No Title

Pengarang: Robin Sharma
Penerbit : Simon & Schuster
Belum ada dalam bahasa Indonesia

Gaya bahasanya dalam bentuk cerita, sehingga lebih menarik dan mudah diikuti. Ceritanya tentang seorang bernama Blake yang bekerja disebuah perusahaan toko buku, setelah menghabiskan beberapa waktu di perang Vietnam. Dia kedatangan seorang bernama Tommy yang menjadi mentor dia mengajarkan 4 prinsip kepemimpinan yang menjadi inti dari program "pemimpin tanpa jabatan". Bersama dengan Tommy, Blake mengunjungi 4 mentor yang berbeda yang masing2 mengajarkan 4 prinsip kepemimpinan yang mendasar.

Misi dari program ini sekaligus juga prinsip pertamanya adalah bahwa "Anda tidak butuh Jabatan untuk menjadi seorang Pemimpin".
Ini sejalan dengan guru2 kepemimpinan yang lain yang menyatakan semua orang bisa dan perlu menjadi seorang pemimpin.

Buku ini mengajarkan saya bahwa menjadi pemimpin hanyalah sebuah keputusan, dan masa yang sulit, hambatan, ataupun rintangan, justru memberi kesempatan kepada kita untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.

Relevansi buku ini untuk bisnis kita adalah bahwa buku ini memotivasi kita sebagai pemimpin dan menekankan kembali hal2 mendasar menjadi pemimpin yang lebih baik. Baik untuk memperkenalkan konsep kepemimpinan kepada orang2 yang baru. (CM)

No comments:

Post a Comment