Wednesday, December 8, 2010

Energy Bus; Training Camp; No Complaining Rule










Trilogi buku :

Energy Bus; Training Camp; No Complaining Rule

Penulis : Jon Gordon

Penerbit : MIC Publising

Halaman :

Energy Bus 258 halaman

Training Camp 247 halaman

No Complaining Rule 182..halaman

Jenis : Bertutur cerita + Poin yang diajarkan

Gaya penulisan buku ini mengingatkan saya pada buku Leadership and Self Deception, ketiganya bercerita tentang seorang tokoh yang sedang dalam keadaan jatuh secara pekerjaan dan keyakinan, kemudian bertemu seseorang yang mengajarkan prinsip2 kesuksesan dengan contoh2 nyata dikehidupannya sehari-hari...

Tokoh di Energy Bus namanya George yang belajar dari seorang supir bis bernama Joy tentang Energy positif yang akhirnya bisa mengangkat George menemukan solusi terhadap masalah kehidupannya. Fokus buku ini tentang perlunya tujuan dan bagaimana memimpin team untuk mencapai tujuan ...

Tokoh di Training Camp namanya Martin yang berprofesi sebagai pemain Football, yang belajar banyak dari Coachnya bernama Ken, yang akhirnya membawa Martin menjadi pemain football yang cemerlang bukan hanya di permainan football tapi juga dalam hal sikap. Yang menarik tokoh Martin di buku ini adalah anak dari Joy, supir bus di buku Energy Bus... Fokus buku ini adalah untuk menjadi orang yang hebat tidak cukup kepandaian dan keahlian, tapi perlunya sikap dan kepasrahan kepada Tuhan.

Demikian juga Tokoh di No Complaining Rule , seorang wanita HRD manager di suatu perushaan, yang sedang down dan perusahaannya sedang diancam banyak masalah. Dia belajar dari seorang mentor, pendiri perusahaan tersebut, dan mentor tersebut membantu dia menemukan kembali kepercayaan dirinya untuk mengatasi masalah2 di kantornya. Fokus buku ini adalah mengatasi complain dari sekeliling kita...

Arti buku ini buat saya pribadi :

Dari ketiga buku ini urutan yang saya paling sukai : 1. Energy Bus, 2. Training Camp baru kemudian 3. No Complaining Rule. Sebaiknya buku yang ke 2 dibaca setelah buku yang 1.

Di buku Energy Bus saya dapat pelajaran tentang bagaimana membangun team untuk mencapai tujuan. Bagaimana mengatasi anggota team yang negatif.

Di buku Training Camp saya dapat pelajaran tentang kepandaian dan keahlian saja tidak cukup, tapi untuk menjadi “orang yang besar” ternyata sikap dan kedekatan dengan Tuhan yang menentukan.

Di buku No Complaining Rule saya belajar tentang bagaimana selalu positif dan bagaimana menghadapi hal/orang negatif...

Untuk pelaku bisnis kita :

Ketiga buku ini patut dibaca, walaupun halamannya tebal tapi tulisannya jarang2, jadi tidak makan waktu lama untuk membacanya. Sangat bisa diaplikasikan di bisnis kita. Prinisip2 yang saya sebutkan di atas sangat sejalan dengan bisnis kita. (KS)

No comments:

Post a Comment