Tuesday, June 23, 2009

HALFTIME by Bob Buford


"Changing Your Gameplan from Success to Significance"
Originally published under the title "HALFTIME by Robert P. Buford"
Publisher: Zondervan 2006
175 pages
Penerbit Indonesia: Cipta Olah Pustaka
237 halaman

Buku ini bisa dikatakan juga sebagai otobiografi dari seorang pria yang sangat luar biasa, Bob Buford. Bob seorang entrepreneur dan businessman yang sangat berhasil di bidangnya (bidang TV, seperti Ted Turner). Tepatnya, ia seorang CEO sebuah perusahaan TV Kabel yang besar dan sukes.

Ia menyebut masa 30 tahun awal dalam hidupnya (bekerja) sebagai Paruh Pertama. Jika paruh pertama adalah suatu pencarian terhadap kesuksesan, maka paruh kedua (Halftime yang ia maksud) menurutnya merupakan perjalanan menuju signifikansi. Paruh kedua dari kehidupan kita seharusnya menjadi bagian yang paling bagus. Apakah 'permainan' dimenangkan atau dikalahkan, ditentukan pada paruh kedua, bukan paruh pertama. Mugkin sekali untuk membuat kesalahan dalam paruh pertama dan masih ada waktu untuk memperbaikinya, tetapi hal itu sulit dilakukan pada paruh yang kedua. Dalam paruh yang kedua Anda seharusnya tahu apa yang harus Anda kerjakan, apa yang Anda 'mainkan' di dunia yang sedang ada tinggali.

Kebanyakan dari Anda mungkin sedang mendekati akhir paruh pertama, Anda berada di usia 30-an mendekati 40 tahun. Beberapa dari Anda bahkan mungkin sedang berada di paruh kedua tetapi Anda tidak pernah berpikir tentang jalannya. Bob mengajak kita untuk membaca keseluruhan tulisannya dan bersiap-siap menghadapi pandangan yang baru, tantangan yang baru, pindah dari sukses menuju signifikan dan percaya bahwa apa yang akan Anda tinggalkan pada akhirnya akan lebih penting daripada apa pun yang sudah Anda capai dalam paruh pertama kehidupan Anda.

Catatan:
Bob adalah seorang kristen yang taat dan mencari cara untuk terus berubah ke arah yang lebih baik untuk menjalani paruh kedua kehidupannya. Ia menjalani sebuah kehidupan yang penuh tanggung jawab, penyerahan, dan penuh pertumbuhan iman melalui semua kejadian manis dan pahit (sangat pahit) di dalam hidupnya.

(red: Ketika saya mulai membaca buku ini, saya tidak bisa berhenti dan merasa harus segera menyelesaikannya karena begitu menarik, menyentuh, mengingatkan, dan menginspirasi sebuah kehidupan yang lebih bermakna)
Buku ini bisa dibaca (sebagian), online di Google Books (CB)

No comments:

Post a Comment